Tag

, , , , , ,

Introduksi

a. Definisi

Keloid adalah pembentukan jaringan parut berlebihan yang tidak sesuai dengan beratnya trauma.

b. Ruang lingkup

Kecenderungan timbul keloid lebih besar pada kulit berwarna gelap. Cenderung timbul pada usia dewasa muda dan jarang pada usia tua. Pertumbuhannya cenderung progresif. Predileksinya terutama di daerah sternum, bahu, cuping telinga, pinggang dan wajah. Pada orang-orang yang berbakat keloid, setiap kerusakan kulit akan menimbulkan keloid.

Faktor-faktor yang menyokong timbulnya keloid:

· Infeksi kronis

· Benda asing dalam luka

· Tidak adanya relaksasi setempat saat penyembuhan luka

· Regangan yang berlebihan pada pertautan luka

c. Indikasi Operasi

· Bila dengan cara konservatif tidak membaik

d. Kontra indikasi operasi

· Tidak ada

e. Diagnosis Banding

· Parut hipertrofik. Pada parut hipertrofik besar parut masih sesuai dengan lukanya. Parut ini tidak pernah melewati batas luka dan pada suatu saat akan mengalami fase maturasi.

Penanganan Keloid

Keloid ditangani secara konservatif yaitu dengan penyuntikan kortikostroid (misalnya golongan triamcinolon) intra lesi keloid. Penyuntikan ini diulang 2-3 minggu sekali sampai efek yang diinginkan tercapai. Cara ini cocok untuk keloid yang tidak terlalu luas dan tebal.

Pembedahan sederhana untuk mengeksisi keloid harus dilakukan dengan tissue handling yang baik. Penutupan kulit harus diusahakan dengan regangan yang seminimal mungkin, kalau perlu dilakukan jahitan lapis demi lapis untuk mendekatkan jaringan dibawah kulit dalam rangka meminimalkan regangan. Cangkok kulit (split thickness skin grafting dan full thicknes skin grafting) dapat juga digunakan untuk mengurangi ketegangan kulit. Usahakan untuk mencegah semua sumber inflamasi post operatif seperti terperangkapnya folikel rambut, benda asing, hematom dan infeksi. Angka rekurensi pembedahan sendiri sekitar 45-100%. Oleh karena itu pembedahan akan lebih efektif bila dikombinasi dengan eksternal radiasi, dan injeksi kortikosteroid.

Komplikasi operasi

Infeksi

Perdarahan

Mortalitas

Tidak ada

Perawatan Pascabedah

Cegah terjadinya reaksi inflamasi di daerah operasi, kombinasi dengan radiasi eksternal atau injeksi kortikosteroid.