Tag

, ,

a. Definisi

Selioplasti adalah suatu tindakan pembedahan dengan cara menutup defect pada dinding abdomen tempat keluarnya organ abdomen

b. Ruang lingkup

Selioplasti merupakan tindakan pembedahan yang dilakukan untuk menutup defect pada dinding abdomen baik secara langsung maupun dengan menggunakan prosthetic.

Dalam kaitan operasi selioplasti diperlukan beberapa disiplin ilmu yang terkait antara lain : Anatomi, Fisiologi, dan Radiologi

c. Indikasi operasi

– Omphalokel pecah

– Gastroschisis

d. Kontra indikasi operasi:

Umum

Khusus (inoperable)

e. Diagnosis Banding (tidak ada)

f. Pemeriksaan Penunjang

– Pemeriksaan Darah, Urine dan Elektrolit. Gas darah

– Thoraks Foto

Tehnik Operasi

Secara singkat tehnik dari selioplasti dapat dijelaskan sebagai berikut :

Setelah penderita diberi narkose dengan endotrakeal, penderita diletakkan dalam posisi supine. Desinfeksi lapangan pembedahan dengan larutan antiseptik, kemudian ditutup dengan kain steril kecuali lapangan operasi.

Dilakukan irisan vertikal pada ujung-ujung kedua defect sekitar 2 cm. Kemudian irisan diperdalam sampai peritonium. Kemudian dilakukan undermaining, kulit dibebaskan dari facia sejauh mungkin hingga mencapai lumborum di sekitar defect secukupnya. Kemudian kulit ditutup tanpa menjahit facia dilakukan penjahitan secara simple all layer untuk menutup defect. Kalau defect tidak dapat ditutup dengan kulit maka dinding perut ditutup dengan menggunakan bahan prostesis.

Komplikasi operasi

Infeksi Luka Operasi atau Rejeck Prosthetik.

Distres respiration

Edema and Cyanosis of lower extremities and perineum because flap closure leads to pressure on inferior vena cava

Obstruction intestinal

Mortalitas

Kurang dari 2%

Perawatan Pascabedah

– Perawatan Luka Operasi

– Monitoring 3 tanda vital